HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.82.81.154
Pengunjung : 273.432






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL

Artikel :



Melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah ( GLS )


Selasa; 05 December 2017 [Alfonsus Prasanto Wibowo, SMA SANTO YOSEF LAHAT] - Artikel Umum

Seperti yang kita ketahui bersama , Informasi  tentang literasi di berbagai media  sudah sangat gencar digaungkan, dilaksanakan, bahkan  diteliti untuk mengetahui seberapa pentingnya literasi diterapkan dan digerakkan di masyarakat kita. Literasi ada dan timbul karena keprihatian pemerintah dan masyarakat terhadap budaya baca masyarakat kita yang rendah. Banyak orang belum mengerti tentang pengertian dan konsep literasi yang sebenarnya.  Hal ini mengakibatkan konsep pelaksananaan gerakan literasi yang sebenarnya menjadi kabur karena setiap orang memiliki pemahaman dan sudut pandang yang berbeda.

 Literasi informasi sebagai kemampuan dan ketrampilan seseorang  untuk mengenali saat informasi dibutuhkan, ditempatkan, dan dievaluasi untuk kemudian digunakan secara efektif dan sekaligus dikomunikasikan dalam berbagai bentuk dan jenis bisa terlaksana apabila dibarengi dengan budaya baca dan tulis masyarakat yang tinggi.  Pengertian Literasi sekolah dalam konteks GLS  adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.  Ada berbagai jenis literasi yang perlu diketahui dalam GLS  antara lain Literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi media, dan literasi teknologi

Pemerintah  dalam hal ini kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun ajaran 2016-2017 mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah sebagai upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah dan masyarakat  sebagai bagian dari ekosistem pendidikan. Literasi dasar yang terdiri ketrampilan membaca, menulis, dan berbicara harus dilatih sejak usia dini sampai jenjang usia Taman kanak-kanak karena ketrampilan  membaca berperan penting dalam kehidupan kita. Setelah itu dilanjutkan dengan literasi perpustakaan, literasi media, dan literasi teknologi di tingkat usia sekolah  SD, SMP, dan SMA

Gerakan literasi sekolah yang dicanangkan pemerintah memiliki tujuan umum menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah agar mereka menjadi  pembelajar sepanjang hayat.  Sedangkan tujuan khususnya  antara lain  menumbuhkembangkan budaya literasi sekolah, meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat, menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan secara cerdas, dan menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi strategi membaca.

Salah satu kegiatan GLS yang dicanangkan oleh pemerintah adalan gerakan 15 menit membaca sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Gerakan ini bisa terlaksana apabila ada Tim literasi yang terdiri dari pimpinan,  pustakawan, guru, dan siswa yang berkolaborasi untuk melaksanakan dan mengusahakan terlaksananya kegiatan tersebut di sekolah. Yayasan Tarakanita wilayah Lahat yang terdiri dari sekolah TK, SD, SMP dan SMA  Santo Yosef melaksanakan gerakan literasi dengan kegiatan library day ( hari perpustakaan ) yang memanfaatkan jam khusus dengan materi  literasi yang sudah terjadwal.  Library day dirasa lebih efektif karena  pada saat pelaksanaan materi  literasi yang disampaikan yang terdiri dari literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi  media, literasi teknologi, dan yang paling umum literasi informasi  dapat tersampaikan dengan baik  oleh pemateri/pustakawan/guru pendamping. Dan materi yang dibutuhkan  telah disiapkan baik oleh siswa maupun oleh guru/ pustakawan sebelum jadwal  pelaksanaan.  Library day ini mengambil waktu 2 jam pelajaran per-minggu. Adapun materi library day adalah pengetahuan umum non pelajaran. Khusus untuk Taman kanak-Kanak  literasi dasar yang terdiri dari ketrampilan berbicara, mengenal angka dan huruf, serta mengenal  lingkungan sekitar terangkum dalam  kegiatan pembelajaran melalui sentra persiapan, kesenian, dan sains.

Peran pustakawan sebagai guru perpustakaan dalam kegiatan library day tidak bisa dianggap remeh, karena pustakawan membuat program, melaksanakan program, dan mengevaluasi program agar gerakan literasi ini bisa terlaksana dengan baik. Pustakawan sebagai penggerak literasi mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan, mengembangkan, dan mengupayakan agar gerakan literasi dapat terlaksana dan memiliki  hasil yang berkesinambungan untuk menjadikan masyarakat kita khususnya komunitas sekolah menjadi pembelajar sepanjang hayat. Walaupun saat ini masih banyak masyarakat kita yang menilai rendah profesi/pekerjaan pustakawan namun tidak sedikit juga yang menghargai karya seorang pustakawan sebagai penggerak literasi. Sebagai penggerak literasi pustakawan bisa menjadi koordinator TIM literasi di setiap sekolah yang berkoordinasi dengan bidang kesiswaan dan kurikulum.

Evaluasi dari gerakan literasi ini adalah budaya baca  komunitas sekolah meningkat, walaupun diawal terasa berat dan terpaksa tetapi  pelan tapi pasti mereka bisa menikmati.   Siswa akan berusaha untuk mancari informasi yang dibutuhkan dengan memanfaatkan perpustakaan. Selanjutnya  mereka digiring untuk semakin penasaran mencari informasi-informasi menarik  di perpustakan dari berbagai media, antara lain majalah, harian, tabloid, buku, dan ensiklopedia. Pustakawan juga semakin meningkatkan layanan informasi kepada pemustaka demi memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan pemustaka.

Gerakan bersama warga sekolah yang terdiri dari pimpinan/stake holder berperan sebagai motor,  guru  sebagai  motivator dan figur literat, pustakawan  sebagai penggerak, pegiat, dan penyedia media literasi , dan siswa sebagai pelaksana GLS pastinya akan menghasilkan sesuatu yang mulia. Dari beberapa hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa kolaborasi, komunikasi, dan keterbukaan antar semua komunitas sekolah akan selalu membawa perubahan baik  dalam pemahaman dan pelaksanaan  gerakan literasi ditingkat sekolah sesuai dengan tujuan GLS yaitu menjadikan masyarakat sekolah yang literat dan manusia pembelajar sepanjang hayat.

SALAM LITERASI

Pustakawan Sma Santo Yosef Lahat







Komentar - komentar untuk artikel ini :
ysm - 06 December 2017 13:13:38
membuka dunia dimulai dengan membaca

--ref23953--


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :