HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.82.81.154
Pengunjung : 273.422






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL

Artikel :



Melirik Gerakan Literasi di SMA Santo Yosef Lahat


Kamis; 30 March 2017 [Alfonsus Prasanto Wibowo, SMA SANTO YOSEF LAHAT] - Artikel Umum

Konsep masyarakat informasi ditandai dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi, sedangkan teknologi informasi menjadi alat bantu untuk mendapatkan informasi baru melalui media sosial maupun media teknologi.  Perpustakaan didirikan juga mempunyai  tujuan untuk memberikan kemudahan akses informasi bagi pemustaka atau masyarakat pengguna. Layanan perpustakaan diharapkan juga mampu memberikan layanan informasi yang dibutuhkan, sehingga pada akhirnya perpustakaan juga harus selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman dengan membuat program dan pelaksanaan  yang menyesuaikan dengan tuntunan zaman yaitu Perpustakaan sebagai wadah untuk membudayakan masyarakat yang literasi atau melek informasi.

Rendahnya minat baca siswa juga dikarenakan tidak adanya dorongan melalui kegiatan baca tulis dari orang tua maupun sekolah. Kurikulum saat ini  sudah padat dengan materi dan tugas-tugas yang membuat para siswa enggan untuk mencari informasi lain selain pelajaran, namun yang tak kalah menyedihkan saat ini informasi yang di dapat dari media sosial melalui media teknologi yang bisa diakses bebas dan fasilitas teknologi itu hampir  dimiliki oleh setiap orang.  Gerakan literasi ini memilki tujuan agar masyarakat sekolah khususnya memiliki kemampuan menggunakan informasi dengan benar dalam proses belajar, membiasakan membaca buku non pelajaran, membentuk siswa berpikir ilmiah, kritis, dan kreatif di tengah limpahan informasi, serta   membuat keputusan yang tepat dalam konteks belajar di rumah maupun di sekolah.

Untuk mengadakan pojok buku per-kelas yang direkomendasikan oleh pemerintah bukanlah hal yang mudah dengan kondisi SDM perpustakaan yang hanya satu orang. Pojok buku memiliki tujuan untuk membiasakan dan membudayakan membaca dengan durasi waktu 15 menit setiap hari sebelum belajar.  Untuk mencari solusi agar budaya membaca ini juga dapat dilaksanakan maka pengelola Perpustakaan membuat program hari perpustakaan bekerjasama dengan guru Bahasa Indonesia. Pelaksanaan hari perpustakaan (Library Day ) di SMA Santo Yosef mulai dilaksanakan awal Tahun pelajaran 2016/2017 dengan  jenis kegiatan setiap kelas memiliki jadual wajib  membaca minimal satu buku  dan membuat resensi buku yang telah dibacanya.  Jadwal siswa ke perpustakaan dilaksanakan bekerjasama dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia  pada setiap akhir bulan selama 2 jam pelajaran.  Sedangkan resensi buku dikumpulkan pada minggu ke tiga bulan berikutnya langsung ke perpustakaan. Tenggang waktu tiga minggu bertujuan buku sudah selesai dibaca.

Tema buku yang dibaca ataupun diresensi untuk tahap awal disiapkan oleh pengelola perpustakaan dengan tujuan menyiapkan bacaan yang menarik dan menyesuaikan dengan kegemaran siswa. Untuk saat ini tema sudah dibebaskan sesuai dengan keinginan siswa. Disamping meresensi buku,  siswa juga diajak untuk meresensi berita dari surat kabar, majalah, ataupun tabloid.

Setelah beberapa bulan berproses, maka dapatkan disimpulkan bahwa gerakan Library Day ini mampu menggerakkan budaya membaca siswa. Banyak siswa yang antusias menceritakan buku yang dibaca ke teman-temannya ataupun ke pengelola perpustakaan. Efek dari itu semua mereka juga menuntut perpustakaan untuk selalu menggalang  koleksi perpustakaan terbaru dan isinya juga menyesuaikan  arus informasi saat ini (up to date).

Tujuan Perpustakaan sebagai pusat informasi, pusat belajar, dan proses pembelajaran sepanjang hayat bisa terlaksana dan berkelanjutan apabila didukung oleh berbagai faKtor penentu antara lain pengelola perpustakaan/pustakawan yang loyal dan berkeinginan untuk selalu belajar dan Pimpinan/atasan/lembaga penyelenggara  yang peduli akan fungsi  dan pemanfaatan perpustakaan sesuai dengan tujuannya.  Literasi informasi sangat penting di abad informasi ini, maka  kita semua harus mau ikut terlibat didalamnya dan berjuang untuk menjadi masyarakat yang literasi.

Salam Perpustakaan ( Tini )

 







Komentar - komentar untuk artikel ini :
ysm - 30 March 2017 09:37:04
respon positif terhadap tuntutan kaya leterasi dalam abad pengetahuan...hidup Sekolah Yosef Lahat

--ref9001--


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :